Pertanyaan Umum

Temukan jawaban atas pertanyaan umum seputar layanan kami di halaman ini.

Apa itu Portal Sandbox Espay?

Portal Espay Sandbox adalah environment yang membantu Anda mengembangkan dan menguji layanan API yang disediakan oleh Espay menggunakan data dummy. Anda dapat menggunakan Portal Espay Sandbox untuk memastikan layanan Anda berjalan lancar sebelum memasuki production. Anda dapat menggunakan Portal Espay Sandbox untuk melakukan beberapa hal, diantaranya:

  1. Memperbarui URL Permintaan Informasi, Pembayaran, dan Penyelesaian
  2. Memperbarui Alamat IP
  3. Menggunakan simulator pembayaran Bank.
  4. Memeriksa status transaksi secara real time.
Apa perbedaan Virtual Account Static dan Virtual Account Dynamic?​
  • Virtual Account Statis:
    Jenis virtual account yang memiliki nomor virtual account tetap. Metode integrasi yang digunakan hanya melalui Direct API Virtual Account, dan wajib menyediakan API Mandatory Payment.
  • Virtual Account Dinamis:
    Jenis virtual account yang memiliki nomor virtual account yang berubah-ubah dan hanya dapat 1 kali digunakan. Metode integrasi yang dapat digunakan yaitu Direct API Virtual Account atau Direct Debit (Payment Host to Host), dan wajib menyediakan API Mandatory Inquiry dan Payment.
Bisakah saya menambahkan metode pembayaran melalui portal Espay (Sandbox dan Production)?
Tidak, penambahan metode pembayaran hanya bisa dilakukan melalui backend Espay.
  • Mode Sandbox: Anda bisa mengajukan permintaan ke tim teknis Espay.
  • Mode Production: Anda bisa menambahkan metode pembayaran melalui pembaruan pada PKS.
Bisakah saya mendaftarkan lebih dari satu IP Address ke whitelist?
Tentu, Anda dapat menambahkan lebih dari satu IP Address ke whitelist.
  • Mode Sandbox: Pada portal sandbox Espay, Anda dapat menggunakan tanda *.
  • Mode Production: Silakan hubungi tim Support Espay dan kirimkan permintaan penambahan IP Address melalui email.
Mengapa status pembayaran saya menjadi suspect setelah melakukan pembayaran?
Status pembayaran suspect terjadi karena:
  1. Espay gagal mengirim payment notification karena ada kendala saat melakukan callback ke sistem Anda.
  2. Terjadi kegagalan dari pihak bank (Timeout).
Ketika Anda mengalami hal tersebut, pastikan:
  1. URL Payment yang terdaftar sudah sesuai.
  2. format respons yang Anda kirimkan sudah mengikuti dokumentasi teknis yang tersedia
Jika masalah belum teratasi, segera hubungi tim Support Espay untuk melakukan pemeriksaan transaksi. Sertakan nomor transaksi kepada tim teknis untuk mempercepat proses pencarian data.
Bisakah saya melakukan simulasi pembayaran menggunakan kartu kredit? Bagaimana caranya?
Tentu, Anda bisa melakukan simulasi pembayaran kartu kredit. setelah Anda berhasil masuk ke halaman pembayaran, Anda bisa memasukkan nomor kartu kredit dummy yang disediakan oleh Espay.
  • Bank Mandiri :
    4111111111111111 , 5500296757021801 , 3566111111111113 , 378282246310005 , 5104812441261692
  • Bank BCA:
    4546335124562623
  • Bank BRI:
    4055778918139848 , 5188287781273814 , 4687407712737112
  • EXPIRED DATE: Free
  • CVV: 123
Bagaimana cara saya mengirim ulang payment notification?
Ada 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk meminta Espay mengirimkan Payment Notification ulang, yaitu:
  1. Meminta bantuan tim support Espay untuk mengirimkan notifikasi pembayaran ulang.
  2. Menggunakan layanan Inquiry Status dengan mengatur parameter isPayment. Pelajari Inquiry Status
  3. Menggunakan fitur “update to success with notification” pada Portal Espay (Sandbox atau Production).
Bagaimana cara melakukan penarikan (withdraw)?
Espay akan secara otomatis melakukan penarikan (withdraw) pada hari ke-3 setelah transaksi Anda berhasil.
Scroll to Top